Beranda > Daily Life > Just simple thought

Just simple thought

Tadi waktu berangkat kerja, secara tidak sengaja aku terpikir untuk melakukan observasi untuk menjawab: Seberapa banyak kendaraan di Bandung yang menggunakan AC bahkan di pagi hari yang segar seperti ini. Penggunaan AC dilihat dari mobil yang kacanya ditutup semua.

Dan setelah sebuah observasi singkat selama perjalanan, maka aku mau membagi hasil analisa kedalam 3 golongan:

  1. Golongan mobil tidak mewah. Yaitu mobil yang kira2 berharga dibawah 80jt. Termasuk dalam golongan ini seperti Suzuki Forsa, Toyota Soluna, Toyota Starlet, Kijang Kapsul, Daihatsu Carry, dan mobil2 sebangsanya. Termasuk juga di dalamnya mobil yang sudah stop production dan dijual murah.
  2. Golongan mobil standar. Yaitu mobil yang barunya berharga antara 80jt sampai 150jt. Termasuk dalam golongan ini seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Daihatsu Taruna, Suzuki APV, Isuzu New Panther dan sebangsanya.
  3. Golongam mobil mewah, yaitu mobil yang barunya berharga diatas 150jt. Sudah pasti dalam golongan ini termasuk Marcedes Benz, Toyota Camry, BMW, Nissan Livina, Toyota Vios, Toyota Yaris, Ford, Toyota Alphard dan lainnya.

Dari hasil penggolongan tersebut, ternyata pada golongan mobil tidak mewah, sebagian besar cenderung untuk TIDAK menggunakan AC. Paling hanya beberapa yang ditemukan menggunakan AC, itupun yang berupa kendaraan yang hampir masuk dalam golongan kedua. Hal ini mungkin karena pada kendaraan tersebut, ada yang memang tidak mempunyai AC, atau AC nya sudah tidak terlalu dingin dan nyaman lagi sehingga pengguna lebih memilih untuk menikmati udara pagi saja.

Sedangkan pada golongan mobil standar, perbandingan pengguna AC dan pengguna non AC cukup berimbang. Walaupun ada kecenderungan untuk lebih berat pada banyaknya pengguna AC. Hal ini tampaknya karena sekalipun kendaraan tersebut sudah memiliki AC yang cukup nyaman, namun pengemudinya masih terbiasa untuk menikmati udara pagi, atau memang tidak terlalu terbiasa untuk menggunakan AC.

Sedangkan pada golongan mobil mewah, hampir semuanya menggunakan AC bahkan di pagi hari. Tampaknya memang AC pada mobil2 mewah ini sangat dingin tapi nyaman, dipadukan dengan interior mobil yang juga memang sudah nyaman membuat paduan dengan AC menjadi makin nikmat. Apabila nampak mobil mewah yang tidak menggunakan AC, berarti sedang digunakan oleh supir yang hanya sendiri di mobil tersebut.

Kesimpulan yang saya dapatkan yaitu

  1. Dari penggolongan mobil tersebut, memang tampak sesuai dengan lifestyle si pemiliknya, yang kemudian berimbas kepada pemakaian AC. Sepertinya, ada sebuah aturan yang berlaku bahwa : Semakin tinggi tingkat ekonominya, maka harus semakin eksklusif dan cozy
  2. Interior mobil juga ternyata berpengaruh pada pemakaian AC, walaupun tidak terlalu banyak. Faktanya bahwa ada kecenderungan pada kendaraan golongan tidak mewah, sekalipun sudah terpasang AC, tapi karena memang interiornya yang tidak senyaman ketika berada di dalam sebuah Alphard, maka AC tidak dipergunakan. Lagipula sang pemilik memang sudah terbiasa dengan kondisi ‘ketidak nyamanan’ seperti itu.
  3. Melihat kecenderungan produksi mobil baru, tampaknya total pengguna akan semakin meningkat seiring waktu, sampai suatu saat mobil yang pada jamannya akan terhitung tidak mewah lagi, akan tetap menggunakan AC karena memang sudah terbiasa.

Anyway, rule di atas tidak akan berlaku apabila si pengendara sedang merokok. Otomatis AC pasti akan dimatikan dan jendela dibuka, bahkan pada mobil mewah sekalipun.

Kategori:Daily Life
  1. dit
    Juni 13, 2011 pukul 10:56 am

    Koreksi dikit ah: Golongan 1 : “…Toyota Forsa…” —> “Suzuki Forsa”😉

  2. Juni 13, 2011 pukul 11:59 am

    agak sedikit gak nyambung.. kenapa kesimpulannya bukan: “pengendara yang merokok di mobil lebih banyak ditemui di kendaraan tidak mewah” ?😀

    • Juni 13, 2011 pukul 2:30 pm

      Karena memang kendaraan tidak mewah sekalipun, belum tentu mereka merokok. Mereka cuma ga memilih untuk pasang AC kok. Bisa jadi memang tidak banyak pengendara mobil tidak mewah yang merokok. Sebenarnya juga karena ga ngeliatin itu juga sih😛

  3. Juni 13, 2011 pukul 4:05 pm

    Karena pagi harinya segar, ada kemungkinan tidak membuka kaca jendela itu tidak menyalakan AC juga loh…

    Pengguna mobil mewah mungkin lebih preventif terhadap udara luar yang semakin kotor…

    • Juni 15, 2011 pukul 10:11 am

      Masa sih? Emang ga kepanasan gitu kalo tutup jendela walaupun ga pake AC? tapi kemungkinan seperti itu juga ada sih..

      atau mungkin juga mereka berusaha menghindari pengemis di lampu merah.

  4. dit
    Juni 15, 2011 pukul 2:59 pm

    tutup jendela belum tentu pake AC juga sih Gor. bisa aja cuma nyalain fan/blower, atau mode ventilasi yang dibuka dengan maupun tanpa blower nyala, jadi dari lubang AC masuklah udara segara bandung di pagi hari tanpa AC.
    -duh jadi kangen bandung- hehe…
    *btw ini komennya gak meaningful kayanya :))

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: