Beranda > IT Life > Kontroversi UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik)

Kontroversi UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik)

Entah apa yang harus dikatakan. Baru 5 hari saja UU ITE disahkan, beberapa situs pemerintahan Indonesia langsung disusupi para hacker yang menolak pengesahan tersebut. Diantaranya adalah

  1. Depkominfo (http://www.depkominfo.go.id/)  yang disusupi foto ‘Roy Suryo’ telanjang dada. Sayangnya depkominfo tidak mau ambil pusing dalam hal ini. Sampai beberapa lama pun foto ini masih saja terpampang tidak diurus. Apa mau mengakui bahwa merasa kerepotan mengurusi para dedemit maya ini??
  2. Golkar (http://www.golkar.or.id/) mengikuti setelah depkominfo yang disusupi (lagi-lagi) ‘Roy Suryo’ yang tampak bertelanjang ria bersama dua cewe bule (hahaha). Tapi golkar langsung ambil aksi menghapus foto tersebut. Sayang sekali, tak berapa lama setelah pembenahan, situs ini kembali diserang dedemit maya yang membuat situs menjadi tidak bisa diakses. Melihat keadaan ini, golkar mengatakan akan merubah situs mereka agar tampak lebih menarik. Hmm, setelah dideface dulu baru nyadar kalo situs mereka tidak menarik?
  3. Postel (http://postel.depkominfo.go.id/) yang dibawah kominfo kembali disusupi oleh foto ‘Roy Suryo’ telanjang dada. Uh ga kuat banget deh. (hahaha) di situs ini para dedemit maya itu menjelekkan Roy Suryo dengan mengatakan bahwa dia itu pakar Bokep yang kerjanya ngurusin foto bugil artis-artis yang lagi sial. Wah, dalem banget itu om.
  4. Direktorat Frekuensi (http://ditfrek.postel.go.id/) yang juga disusupi fotonya om ‘Roy Suryo’. Tapi di situs ini fotonya yang normal dan biasa saja sih. Di situs ini, dedemit maya itu mengejek om Suryo dengan mengatakan bahwa UU ITE itu pembodohan bagi bangsa.
  5. Menpan (http://www.menpan.go.id) Katanya sih disusupi juga, tapi masih dalam konfirmasi

Hohoho, ternyata pas 5 situs dalam 5 hari yah. Berarti 1 situs dikerjakan dalam satu hari doong

Dari info beberapa berita, katanya om Roy Suryo sudah tau siapa pelaku dibalik semua ini. Karena memang dari beberapa gambar yang ada, trademarknya selalu sama, yaitu emoticon kuning yang ada bubble-thought nya. Katanya, pelakunya kemungkinan besar adalah Enda Nasution CS, seorang blogger yang sering berperilaku negatif.

Om Roy juga berpendapat bahwa dia dan situs-situs tersebut merupakan korban saja. Si cracker memang sengaja menyerang situs pemerintahan yang lemah. Tak hanya itu, om Roy bahkan menantang para cracker itu agar membobol situs pemerintahan yang memang benar-benar disupervisi oleh dirinya. Tampaknya om Roy yakin sekali bahwa situs yang dia supervisi sulit ditembus seperti situs pemerintah lainnya.

Yah, ini memang tantangan sekali. Kita mau berubah ke arah yang lebih baik, tapi setiap perubahan yang baik, pasti akan ada saja penghalangnya. Tidak mudah memang. Tapi harus bisa diatasi. Karena dari satu langkah yang kecil, kita bisa mengambil langkah yang banyak. Dari satu pembenahan sektor yang ini, kita bisa memulai pembenahan sektor yang lebih besar. Ya seperti ini. Dimulai dari pembenahan sektor teknologi informasi, akan dapat melakukan pembenahan untuk seluruh Indonesia

Kapan lagi Indonesia ini mau maju? Kapan lagi Indonesia ini mau dianggap oleh para investor-investor asing itu? Kapan lagi Indonesia ini bisa bersaing secara Internasional? Kapan lagi Indonesia mau belajar? Inilah saatnya. Pembobolan situs itu bisa dijadikan langkah awal untuk belajar dan membuktikan diri pada dunia bahwa Indonesia juga bisa aman dan teratur. Memang banyak cracker pintar. Tapi para pakar IT pintar dan bermoral lebih banyak lagi.

Lulusan Informatika ITB juga tiap tahun selalu ada. Saya saja oktober nanti sudah mau lulus. Belum lagi informatika perguruan tinggi lainnya. Ini kan hanya masalah pengalaman. Kalau para fresh graduate itu tidak segera diberi pengalaman, sia-sialah kemampuan mereka. IF ITB kan tidak perlu diragukan lagi kalo soal kemampuan (Jadi promosi gini)

Ya, balik lagi. Jadi saya menghimbau agar kita mendukung saja UU ITB, eh salah, UU ITE. Ingat, kebebasan tanpa batas mengakibatkan kebablasan. Yang namanya kebablasan itu tidak pernah baik. Dukunglah. Forum dewasa yang sudah terkenal di seluruh Indonesia yang bernama Kaskus (sudah pada tau kan?)  yang terkenal banyak menyimpan konten dewasa saja mendukung UU ini.

Kita harus berubah !

(berita dilansir dari detik, kompas dan indocommit)

  1. Igor Panggabean
    April 1, 2008 pukul 4:32 am
  2. April 2, 2008 pukul 3:04 am

    kak Igor gimana seandainya misalnya gambar yang ini : http://uka.comlabs.itb.ac.id/~taufik/kucing_lengkap_files/onion-head63.gif
    ……
    ada yang ganti jadi gambar kak Igor tanpa busana😛

  3. September 18, 2008 pukul 3:39 pm

    tulisan Anda menarik, untuk ulasan ttg UU ITE dapat disimak pada http://www.ronny-hukum.blogspot.com

    salam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: