Beranda > IT Life > Code Igniter – PHP Framework

Code Igniter – PHP Framework

Yah, buat yang blm tau, jadi yang namanya Code Igniter itu adalah salah satu framework untuk coding menggunakan PHP.

Code Igniter bekerja berdasarkan konsep OOP dengan bentuk MVC (Model View Controller). Lihat ini untuk keterangan mengenai MVC.

Pengalaman saya selama ini, saya sebelumnya tidak pernah bekerja dengan menggunakan framework. Tapi setelah pekerjaan makin lama makin bertumpuk dan butuh kecepatan tinggi, akhirnya mulai mencoba framework. Beberapa lama mencoba framework, dan untuk saat ini saya menilai bahwa Code Igniter adalah framework yang saya sukai.

Beberapa hal yang membuat saya menyukai Code Igniter :

  1. Sangat mudah dipahami untuk orang yang baru pertama kali menggunakan framework. Walo Code Igniter ini adalah sebuah framework, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan native PHP. Jadi buat pemula yang biasanya selalu pake native PHP, masih tetap mudah beradaptasi dengan CI ini.
  2. Konsep MVC. Konsep ini memudahkan untuk membentuk susunan programnya. Jelas bentuknya. Controller tugasnya mengatur akses untuk setiap file. Modeller murni mengurusi urusan dengan database. Viewer hanya berupa tampilan yang siap dipanggil dengan diberikan data tambahan oleh controller
  3. OOP based. Selama ini kalo ngoding, cuma dari HTML trus disisipin php dimana2. Jadinya emang jorok banget kodenya. Tapi CI ini konsepnya OOP. Jadi mantap banget. Hasil kodenya juga jadi rapi, terstruktur. Jadi ga sulit lagi untuk mencari2 letak kode tertentu
  4. Tutorial lengkap. Asli lengkap banget. Kalo mo tau, tutorialnya itu cuma 2, yaitu membuat “Hello World”, trus yang kedua membuat blog sederhana. Tapi tutorialnya dibentuk jadi 2. Yaitu sebagai user_guidenya, dan dalam bentuk Video Tutorial. Saya banyak belajar dr Video Tutorialnya. Bahasanya jg gampang dimengerti, dan penjelasannya runut.
  5. Dokumentasi lengkap. Beneran lengkap banget, beserta dengan contoh penggunaan dan hasil penggunaan. Jadi kalo perlu apa-apa, tinggal copy paste trus edit-edit lagi lah.

Saya recommended banget untuk menggunakan CI bagi yang sudah biasa pake PHP tapi blm pernah pake framework.

Code Igniter dapat di download di sini.

  1. Maret 15, 2008 pukul 3:30 am

    Benar kan Gor?
    OO emang keren? :p

  2. Mei 30, 2008 pukul 5:33 pm

    asli keren

  3. Juni 10, 2008 pukul 12:30 pm

    Kalo mau buat web apa semudah CMS Joomla..

  4. iyut
    Juni 19, 2008 pukul 5:37 am

    yoii…gw jg baru make…keren banget nih framework…dokumentasinya clean abiss…jadi enak bacanya…gw aja yang masih cupu jadi ngerti..

  5. Juli 9, 2008 pukul 7:52 am

    compatible di php 4 aja ya? kalo maksa di php 5 gmn?🙂

  6. Juli 10, 2008 pukul 6:51 am

    @ Ghira : Ini beda dari CMS. Kalo CMS kan udah jadi webnya, tinggal kita konfigurasi sedikit dan jadi. Tapi ini framework. Jadi semacam bantuan kalo mau buat web dari awal banget. Ya untuk yang belum ngerti tentang PHP, mending belajar PHP dulu sebelum pake ini.

    @ afreena : PHP5 juga bisa kok😀

  7. Agustus 20, 2008 pukul 12:14 am

    sepp.. baru mo mulai belajar, neh..😛
    SEMANGAT!😀

  8. Agustus 31, 2008 pukul 4:13 pm

    makasih bnget mas… untuk menghubungkan dengan wordpress bisa ndak yach😦 ??

    Igor says: wah kalo untuk digabung dengan WP yang gratisan sih pastinya ga bisa mas. Tapi kalo utk WP yang custom made, blm pernah nyoba sih, tapi sepertinya ga bisa. Soalnya konsepnya dah beda.

  9. Oktober 9, 2008 pukul 6:49 am

    Code Igniter merupakan framework yang paling bagus yg pernah gw pakai dibanding kan dengan CAKEPHP atau yg lainnya..
    sudah 2 tahunan gw pake Code Igniter untuk mengerjakan berbagai project.
    http://www.travbiz.web.id, site contoh yg juga merupakan salah satu project gw yg menggunakan CI (Code Igniter)..

  10. November 18, 2008 pukul 1:21 am

    Saya sih belum nyoba CI, cmn dah baca hasil compare dari beberapa Master PHP. Mostly framework tersebut mengunakan konsep MVC. Dari beberapa aspek, yang belum ditawarkan oleh framework yang lain, adalah EDP(Event Driven Programming) yang ditawarkan oleh Prado Framework. Saya pikir, para Delphi ers akan menyukai Prado karena topologinya mirip🙂

  11. Januari 23, 2009 pukul 3:41 am

    Saya dulu pake CI sekitar 4 bulan yang sebelum itu pake Native PHP, tapi sekarang sekitar 10 hari, saya make nya Prado, karena pindah tempat kerja dan di tuntut untuk pake Prado. Googling, ketemu page ini, jadi kangen sama CI🙂. Tks

  12. Novis Prasetyawan
    Februari 15, 2009 pukul 10:10 pm

    Dokumntasinya bisa didapat darimana?

  13. Maret 9, 2009 pukul 5:53 pm

    bro…
    saya baru mu blajar bikin web nih….
    tolongin dong,,,
    buat kerja praktek,tgs nya bikin web..
    ga tau mu mulai dari mana nih…
    mohom bimbingan nya donk..
    klo bisa cpet,,soalnya kjr target nih….😀

    • April 5, 2009 pukul 11:24 am

      halo bro
      wah selamat dtg dalam dunia web master. sebenernya g ada yg cepet dlm belajar. yg penting keseriusan dan tekun.saya sarankan belajar dr dasar php dulu.coba2 buat web2 sederhana.

      yg penting jgn nyerah belajar

      good luck bro

  14. Maret 10, 2009 pukul 6:48 am

    kemarin waktu KKP aku bikin laporan Codeigniter gaya banget ya padahal waktu sidang ditanyain ngga bisa

  15. barker
    Maret 14, 2009 pukul 2:11 pm

    saya belum pernah pake framework PHP, tp saya mw buat template untuk suatu website dengan framework PHP. .

    kira2 mudah ga ya bikin pake framework CI. . coz saya bru belajar php jg. .

  16. Ayal
    Maret 28, 2009 pukul 4:30 pm

    Code igniter emank cocok buat pemula kaya gue ini……

  17. yus
    April 29, 2009 pukul 10:16 pm

    bro, bisa sharing tentang template di ci?
    masih bingung nich, kalo mvc nya udah rada2 ngerti dikit🙂
    kalo punya contoh web pake ci atau aplikasi ci, bagi2 yach…
    thnx…

  18. anggisa
    Oktober 2, 2009 pukul 2:22 pm

    masi blajar CI juga niy… smangaatt…!!!

  19. Maret 10, 2010 pukul 8:35 pm

    ta coba kang…
    mohon bantuannya klo sulit..
    oop di java udah pernah..
    tapi di PHP lagi utak-atik..

    thanks ats share pengalamanna…

    • Maret 18, 2010 pukul 7:08 am

      Silahkan saja, dengan senang hati akan membantu. PHP gampang kok, ga seribet Java

  20. Andy
    Maret 28, 2010 pukul 10:34 pm

    Java ribet tp seru kq..

    Share tutorial CI lha..

  21. Juni 4, 2010 pukul 6:52 pm

    thanks gan atas sharingnya, gw juga baru belajar CI, ada ga contoh pembuatan web dengan CI yang disertakan source nya.thanks

  22. November 27, 2010 pukul 10:33 pm

    kalau pakek template gimana se cara munculin kontennya supaya selalu di tengah

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

