Beranda > Uncategorized > Pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)

Buat yang mau ngelamar kerja ke PNS, ato BUMN, ato beberapa perusahaan lain, pasti sering diminta SKCK / Surat Keterangan Berkelakuan Baik sebagai salah satu syarat pelamaran. Buat yang belum tau, ini aku kasih tau gimana prosedur-prosedurnya, supaya ga kaget ato tanpa persiapan nantinya..

Syarat pembuatan SKCK :

  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy KTP
  • Surat keterangan dari RT dan RW setempat
  • Surat keterangan dari Kelurahan
  • Surat keterangan dari Kecamatan / Polsek Kecamatan
  • Surat keterangan dari Polres (optional)

Sebelum kita mulai melangkah kan kaki, siapkan dulu beberapa hal berikut ini supaya ga bolak balik

  • Foto berwarna, biasanya 4×6, bawa aja sekitar 6/7 buah. Yang pasti untuk kepolisian sekitar 4 biji, sisanya buat jaga2 kalo diminta di kelurahan, kecamatan ato polsek
  • Fotocopy KTP, siapin aja sekitar 5 biji. Yang pasti untuk kepolisian 1-2 biji, sisanya buat kelurahan, kecamatan ato polsek
  • Fotocopy Kartu Keluarga. Siapin 2-3 copy, yang 1 utk di kepolisian, yang 1 jaga2 siapa tau basah.

Berikut cara-caranya

1.
Dateng dulu ke rumahnya pak RT. Bilang aja mo minta surat keterangan utk syarat SKCK. Disana sudah ada blangko formulir yang tinggal diisi oleh si pak RT. Tinggal ngisi nama, alamat kamu, tanda tangan dan cap dari pak RT. Jangan lupa bilang terima kasih sesudahnya. Tetap penting untuk menjaga hubungan baik dan keharmonisan terutama kepada pak RT. Estimasi waktu : 15 menit maks

2.
Sudah itu, bawa formulirnya ke pak RW untuk ditanda tangan dan di cap. Biasanya pak RW nya ga pake tanya2 lagi, langsung keluarin bolpen, tanda tangan, ambil cap dan beres. Kalo pak RW nya lupa ngasih tau, jangan lupa tanya pak RW nya, kantor kelurahannya dimana, cuma memastikan aja supaya ga salah dateng ke kantor kelurahan lain. Estimasi waktu : 10 menit maks

3.
Ke tukang foto copy, fotocopy dulu surat keterangannya 2x utk jadi arsip buat kita.

4.
Trus dateng deh ke kantor kelurahan. Cuma perlu bawa surat keterangan tadi sama foto dan copy KTP siapa tau diminta. Ga lama kok bikinnya, karena tinggal diketik, print, cap, tanda tangan, beres. Kalo ditanya utk apa, bilang untuk melengkapi persyaratan melamar pekerjaan. Karena tujuan pembuatan jg akan dibubuhkan di surat keterangannya. Estimasi waktu : 20 menit maks

5.
Fotocopy lagi surat keterangan dari kelurahannya 2x utk jadi arsip buat kita.

6.
Dari sini, rutenya terbelah 2. Bagi yang ingin mendaftar ke CPNS atau BUMN, lanjutkan rute anda ke kantor Kecamatan. Bagi yang ingin mendaftar ke perusahaan Swasta, lanjutkan ke Polsek

7.
Sampe di kantor Kecamatan ato kantor Polsek. Bilang aja mau bikin surat untuk SKCK dan kasih surat keterangan dari kelurahannya. Nanti dia bikinin surat keterangan. Jangan lupa bawa fotocopy KTP, foto berwarna dan fotocopy Kartu Keluarga. Kalo dari Kecamatan, lanjutnya langsung ke Polres. Kalo dari Polsek, tanya dulu, karena ada yang Polseknya udah bisa ngeluarin SKCK langsung, ada yang harus lanjut ke Poltabes, baru SKCK nya keluar dari Poltabes. Untuk yang dari kecamatan, lanjut ke Polres di point 9. Untuk yang dari Polsek, lanjut ke Poltabes di point 12. Estimasi waktu : 20 menit maks

8.
Fotocopy lagi surat yang barusan didapat 2x utk jadi arsip buat kita.

9.
Lanjut ke tujuan selanjutnya (tujuan terakhir) yaitu Polres. FYI layanan SKCK di Polres buka dari jam 8 – 14 sahaja. Disini yang rada menyebalkan karena waktunya lama banget, apalagi kalo lagi rame dan lagi masa2nya pembukaan job vacancy dimana2. Datang ke sana, bawa semua persyaratan dan surat2 yang dibutuhkan, foto dan segala fotocopy. Bagi yang baru pertama kali membuat SKCK, sebelumnya anda harus membuat surat keterangan idenfitikasi sidik jari, tapi bagi yang perpanjangan, langsung aja ke loket SKCK. Tanya2 aja mana bagian sidik jari di polres. Nanti disana sidik jari kamu diambil, dimasukkan ke database komputer, trus dibuat surat keterangan yang berisi bahwa YBS sudah diperiksa sidik jarinya dan tidak pernah terlibat dalam kasus apapun.

10.
Trus surat keterangannya bawa ke loket SKCK. Bilang mau daftar baru. Trus nanti dikasih form utk diisi. Cari meja, ambil bangku, duduk dan isilah keterangannya. Di form itu ada jg ditanya umur orang tua dan sodara2 kandung (bagi yang lupa supaya dipersiapkan) serta riwayat pendidikan (jadi harus tau pernah sd dimana dan masuk tahun berapa, dst sampe kuliah). Kalo sudah, masukin formnya beserta syarat2 segala macem. Nanti dibilang disuruh tunggu berapa lama. Biasanya kalo masukin formnya pagi, diambilnya siang sekitar setelah jam 11, kalo masukin formnya setelah jam 11, biasanya disuruh dateng besok pagi utk ngambil, tergantung berapa ramenya saat itu (yang biasanya selalu rame karena orang2 baru sadar utk bikin SKCK disaat butuh dan lagi ada pembukaan disaat bersamaan), dan semalas apa si operator bekerja. FYI, utk ngambil SKCKnya bisa diwakilkan, asal si wakil bawa fotocopy KTPmu. Ga ada yang perlu ditanda tangan pas ngambil, makanya bisa diwakilin. NOTES: sesebel apapun saat itu, jangan lupa utk tetap tersenyum dan berbahasa yang baik. Biar gimanapun kita lagi butuh mereka.

11.
Kalo sudah dapet SKCK, coba cek ulang datanya. Pengalamanku kemarin datanya masih ada yang salah, di bagian agama. Kayaknya mereka ga ngecek lagi agamanya apa waktu itu, soalnya ternyata ada 2 orang yang data agamanya jg salah. Kalo salah, tinggal balikin lagi bilang minta benerin. 15 menit doang benerinnya. Abis itu, fotocopy 10 kali, dan balik lagi ke sana utk dilegalisir. Maksimal legalisir 10 kali aja (kayaknya tiap polres beda deh, coba tanya2). Jangan lupa, utk ngelamar kerja kirim yang udah dilegalisir, jangan yang asli, karena yang asli begitu berharga. Kalau sudah, yak, selamat anda sudah mendapatkan SKCK. Congrats!!

12.
Buat yang sebelumnya dari polsek, mari kita lanjut ke bagian poltabes. Disini sama dengan di Polres, harus bikin surat keterangan identifikasi sidik jari dulu buat yang baru pertama bikin SKCK. Jadi langsung aja sampe poltabes, pergi ke bagian sidik jari dan bilang utk keperluan pembuatan SKCK. nanti beres, langsung ke loket SKCK. Biasanya disini cepet sih, karena sepi. Kalo sudah dapet SKCK, jangan lupa fotocopy, trus dilegalisir. Inget, utk keperluan ngelamar kerja, kirim yang sudah dilegalisir, jangan yang asli, karena yang asli begitu berharga. Kalau sudah, yak, selamat anda sudah mendapatkan SKCK. Congrats!!

    FYI!! Semua proses diatas GRATIS alias TANPA BIAYA. Jadi kalo di satu kantor dimintain biaya, itu berarti masuk kantong sendiri, utk konsumsi pribadi. Tapi kalo mintanya sedikit, ya kasih aja sebagai tanda terima kasih lah. Kalo mintanya banyak, di nego aja. Bisa kok.

    Ya udah, segitu dulu. Kalo masih ada pertanyaan, silahkan ditanyakan deh. Selamat hunting SKCK

    About these ads
    Kategori:Uncategorized
    1. Februari 10, 2010 pukul 3:10 pm

      itu bikin skck kudu di tempat asal ktp ato boleh dimana aja? misal ktp bandung boleh ga bikin skck di jakarta?

    2. Februari 11, 2010 pukul 4:00 pm

      Nah kalo itu, ga boleh. Dimana KTP, disitu bikin SKCK nya

      • Magvira
        Juli 6, 2014 pukul 1:52 pm

        Kalau pake e-ktp? Bukannya e-ktp bisa digunakan dimana saja?

    3. Februari 16, 2010 pukul 11:46 am

      Nice info gan! Penjelasannya jelas dan menarik…
      jadi proses sampe jadi itu 2 hari ya?
      Trus yang kita harus datang full nungguin itu 1 hari?

      • Februari 17, 2010 pukul 9:45 am

        Yak benar sekali. Total 2 hari, tapi yang tanpa nunggu cuma 1 hari. Hari besoknya SKCK dah langsung jadi. Asal sigap geraknya dari pagi, karena bisa makan seharian

    4. pty
      Maret 8, 2010 pukul 1:50 pm

      boleh lagi, aku barusan buat, ktp-ku solo tapi tinggal di bogor. minta surat domisili sementara saja ke kelurahan, kdang kelurahan minta kita buat domisili sementara dari RT or RW juga.

    5. pty
      Maret 8, 2010 pukul 1:56 pm

      Nanya dong apa SKCK berlaku sampai ke tahun sebelumnya. maksudnya surat itu menunjukkan bahwa dari tahun ini sampai tahun sebelumnya kita tidak pernah melakukan tindak kriminal? kalau kita pernah melakukan tindak kriminal, berarti kita ga bisa buat SKCK kan?

      • Maret 18, 2010 pukul 7:11 am

        Bukan, maksudnya surat itu bisa kita pakai utk kebutuhan selama 1 tahun kedepan..

        Jadi kalo keluarnya februari 2009, kita bisa pake surat yang sama sampe Januari 2010. Februari 2010 kita harus bikin yang baru lagi

    6. Mei 20, 2010 pukul 9:32 am

      Nice info…apakah sekarang ga usah pakeuang tip lagi

    7. Dadz
      Juni 24, 2010 pukul 6:54 am

      Kalo sudah punya skck dari polsek, bisa langsung ke polres gak? Dalam artian tanpa harus bikin surat keterangan dari rt, rw, kel & kec. Mhon jwbnnya di share dsini or ke email sya, scpatnya.. Tmksh..

      • Juli 2, 2010 pukul 5:55 pm

        Ga bisa juga..

        Kalo di Polres, semua dokumennya diminta lagi.. agak menyulitkan emang jadinya…

        Saya sudah coba cuma bawa SKCK, dimarahin -__-

        Tapi mungkin di polres anda aturannya berbeda dan tidak terlalu ketat. Dicoba saja dahulu, tidak akan ditangkap kok ^_^

    8. Kay
      Agustus 1, 2010 pukul 7:27 pm

      terima kasih banyak atas keterangan anda…saya masih mau buat SKCK, tapi saya belum tahu, kalau untuk orang yang bersuami atau yang sudah bercerai’ apa di mintai foto copy surat nikah / foto copy surat cerai? tolong beri tahu saya…terima kasih.. dan yang saya dengar dari teman ku, katanya biaya buat SKCK itu RP 250 000. apa benar itu?

      thanks

      kay

    9. Awan
      September 23, 2010 pukul 1:06 pm

      makasih ya,,bermanfaat bgt pastinya,,tp mau nanya deh,,kantor polres/polseknya buka hr apa aja??sabtu buka ga ya kira2?

    10. Anwar
      Oktober 2, 2010 pukul 4:28 pm

      Sebelumnya thanks ya atas penjelasannya. Saya mau tanya nich. Seandainya saya punya SKCK tapi sudah kedaluwarsa, misalnya masa berlaku habis bulan maret 2010, dan sekarang saya mau buat SKCK yg baru. Bisa nggak SKCK yg kedaluwarsa tadi digunakan untuk perpanjangan????

      • Oktober 5, 2010 pukul 4:58 pm

        Bisa banget.

        Tinggal bawa SKCK yang lama dan foto (kalo ga salah sih)

        Tapi masih perlu surat keterangan dari rt rw dll lagi.

    11. Ricardo
      Oktober 4, 2010 pukul 2:05 pm

      saya di jakarta ni.. baru saja membuat skck…
      Bisa ga skck ini berlaku di daerah riau atau medan..

      • Oktober 5, 2010 pukul 4:57 pm

        Hmmm.. SKCK ini kan emang cuma bs dibuat di daerah dimana KTP kita terdaftar. Jadi kalo pun di daerah lain, pasti cuma bisa punya SKCK dari KTP daerah kita.

        Jadi, saya rasa bisa aja di bawa di daerah manapun.

    12. November 12, 2010 pukul 5:00 pm

      Update info, terutama untuk proses pembuatan SKCK di wilayah Kabupaten Bandung. Proses termasuk cepat hanya 1 hari (tapi kunjungan ke pak RT-RW sudah dicicil sejak malamnya).

      Biaya:
      1. RT: gratis.
      2. RW: gratis.
      3. Kelurahan: gratis/sukarela, petugas tidak meminta dan saya tidak memberi, tapi tampang beliau tampak agak cemberut.
      4. Kecamatan: Rp 5.000.
      5. Mapolsek: Rp 10.000.
      6. Mapolres:
      6.1. Sidik jari: Rp 5.000.
      6.2. SKCK: Rp 10.000, tertulis resmi di dinding.
      6.3. Legalisir 10 lembar: petugasnya meminta tapi sukarela (saya beri Rp 5.000).

      Total sekitar Rp 40.000 (termasuk fotokopi dan map).

    13. Martinus
      Januari 10, 2011 pukul 11:17 am

      Tx before tuk infonya…ada yg mo ditanya nich,skrg aku di luar negri,3 thn yg lalu aku pernah bikin skck utk pembuatan visa,skrg mau perpanjang lg mereka minta skck lagi,apa bisa skck yg lalu diperpanjang…? terus skck yg lalu sdh nggak sempat di foto copy.dan sekarang aku belum bisa kembali ke indonesia karena passport tinggal dua bulan dan visanya tinggal sebulan.satu lagi bisa nggak yach kalo bikin skck tanpa sidik jari dan hanya diwakilkan oleh keluarga tapi surat suratnya lengkap….??? terimakasih untuk Infonya…

      • Reny
        April 6, 2012 pukul 10:49 am

        hi Martinus sudah buat skck?biaya berapa kalau keluarga yg urus lalu kita di luar negri?

        • maria
          April 6, 2012 pukul 11:11 am

          hi Reni, saya share pengalaman dgn anda. biaya tetap sama, baik kita proses sendiri atau keluarga. saya tinggal di canada dan tiap 6 bulan saya perpanjang skck utk keperluan pengajuan permanent resident. total biaya nggak lebih dari 100 rb kok. untuk mengantisipasi, buat surat kuasa utk keluarga yg mengurus,

    14. maria
      Agustus 20, 2011 pukul 1:07 am

      Martinus, anda tinggal di mana? Coba cek di Atase Polri di negara dimana Anda tinggal. Di Australia, bisa minta ke Atase Polri KBRI utk issue SKCK, tp sblmnya mesti ambil sidik jari di kepolisian setempat (Australia). Saya tinggal di Canada, tp disini KBRI tdk memiliki Atase Polri, oleh krn itu, cara satu2 adalah, minta saudara atau keluarga di Indonesia utk memproses SKCK sesuai di mana anda tinggal di Indonesia. Untuk sidik jari, di Canada ada fingerprint company, jadi formnya diissued oleh kantor polisi Canada dan sidik jari di form tsb, setelah itu perush tsb akan mengesahkan, certified true copy – bahwa sidik jari dan data diri org yg bersangkutan memang benar. Setelah itu form dan sidik jari tsb anda kirim ke Indonesia sehingga keluarga anda bisa memproses di indonesia…

    15. Novi
      Agustus 30, 2011 pukul 10:48 am

      Hi Maria, aku juga lagi dicanada dan mau mengurus SKCK dari sini. Bisa ya seperti itu, mengirimkan form sidik dari kepolisian Canada dan di certified? Atau harus menggunakan form sidik jari dari Indonesia?

    16. maria
      Agustus 30, 2011 pukul 6:33 pm

      Hi Novi, canada nya di province mana.. aku di province quebec… iya bisa, ada teman yg mengurus spt itu. kalau aku, di canada tp udah punya skck cuma lagi proses untuk perpanjang skck di jkt, kalau perpanjangan sptnya gak usah sidik jari lagi krn skck masih valid dlm jangka waktu 1 thn semenjak di-issued…kalau tinggal di quebec, ini info dari teman aku yg pernah buat sidik jari disini dan kemudian sidik jari tsb dikirim ke indo dan keluarga dia yg urus utk skck dan gak ada masalah. IDENTIFICATION CANADA 4060 Ste-Catherine O. Suite 525 Westmount Montreal (Quebec) H3Z 2Z3. Tel: (514) 934-2244. Seberang Canadian Tire (Alexis Nihon Mall atwater).

      • iga
        Agustus 22, 2013 pukul 4:23 pm

        hai salam kenal maria novi yang sedang di kanada bisakah aku minta emailnya. aku di invermere. aku juga lagi ribet ttg SKCK, yang aku tahu memang ada fingerprint service tapi apakah bisa cukup sekali finger print untuk perpanjangan SKCK seterusnya atau bagaimana. Apakah cukup berbekal finger print dan surat kuasa spy dikeluarkan SKCK tanpa kitanya pulang. trims

    17. didi
      September 7, 2011 pukul 10:57 pm

      ada yang bilang skck berlaku cuma 3 bulan, bener ga y?
      terus kalau mau perpanjang skck langsung ngurus di kepolisian atau bikin pengantar lagi?

    18. maria
      September 24, 2011 pukul 7:02 pm

      Didi, SKCK berlaku 6 bulan, kalau untuk perpanjangan, buat surat pengantar spt pada saat buat baru, cuma tdk perlu sidik jari (kalau masa berlakunya belum lewat setahun). misalnya, SKCK terbit tgl 8 Oct 2010 berlaku hingga 8 April 2011, tp tdk lgsg perpanjang, ini masih bisa diperpanjang sebelum 8 Oct 2011 (ini pengalaman saya dan saya baru perpanjang 12 Sept 2011 tdk bermasalah, malah saya minta tolong adek utk mengurusnya juga bisa, tp siapkan surat kuasa saja).

    19. reno
      Oktober 13, 2011 pukul 11:04 am

      kmrn mau perpanjang skck dpolsek cileungsi tpi dsuruh ke citereup kira2 skrg dah bsa blm dipolsek cileungsi

    20. someone
      Oktober 26, 2011 pukul 9:48 pm

      bro info nya bagus, tapi ane bingung neh…
      kata ente : Untuk yang dari kecamatan, lanjut ke Polres di point 9. Untuk yang dari Polsek, lanjut ke Poltabes di point 12.
      setau ane hirarkinya : KAPOLSEK (setara CAMAT) < KAPOLRES/KAPOLRESTA/KAPOLTABES (setara BUPATI/WALIKOTA) < KAPOLDA (setara GUBERNUR). trus kalo yg dari kecamatan lanjut polres, sedangkan yg dari polsek lanjut poltabes, berarti ni nyebrang batas wilayah dong?

    21. Maret 23, 2012 pukul 11:43 pm

      kalo skck hilang, tapi masih ada legalisir nya bisa minta bikin yang baru lagi ga ya? kalo bisa,gmana cara nya? apa harus kayak prosedur awal?

    22. NAJIB
      Maret 28, 2012 pukul 1:27 pm

      thx bgt Gan !
      Infonya berharga bgt…

    23. tohir
      April 2, 2012 pukul 10:58 am

      klo perpanjang skck yg sudah 2 tahun lebih apa masih berlaku skcknya ? trus persaratannya apa untuk perpanjang skck ?

    24. sherly
      April 6, 2012 pukul 10:44 am

      kemarin Saya di suruh bayar 250 ribu. tapi saya belum bayar karena saya mau komplin.
      waktu mau proses saya di tanya penghasilan tiap bulan berapa. saya bilang ga tahu. saya ga suka krn itu bukan urusan nya mereka untuk mengetahui penghasilanku.
      Tolong jawabannya. apakah harus bayar atau ga.waktu saya ambil sidik jari di luar negri(australia) sy ga bayar, malah polisinya tertawa waktu saya tanya ( biaya berapa?). seandainya indonesia begitu bagus

    25. uci
      April 10, 2012 pukul 12:44 am

      bnr t , d loket tertulis 10 rb tp malah d minta 15 rb + 5000 legalisir..
      naikin biaya sendiri.. ckckckckk

    26. Mei 1, 2012 pukul 1:41 pm

      kalo seandainya SKCK gue yang lama itu perihalnya melamar pekerjaan trus gw mau ubah ntu perihalnya jadi syarat nuat kuliah itu masuknya ke buat baru apa perpanjang.

    27. tomy
      Juni 9, 2012 pukul 5:25 pm

      gue mo kerja ke luar negri apakah sama bwt bkin SKCK yg melamar jd PNS,ktanya klo ke luar negri rda ribet d tanya no paspor segala pa bner,trus d kampung saya klo mo instant tinggal nyuruh orang j,tp d minta uang 300rb.yg saya tanyakan klo bkin SKCK mo kluar negri pa mesti ke poltabes

    28. prida
      Juni 11, 2012 pukul 4:06 pm

      tks bangt yaaa???

    29. micky
      Juni 12, 2012 pukul 11:46 am

      thnx nih infonya :)

      ohya waktu saya buat skck di polres (bandung) mesti bayar tuh Rp150rb untuk administrasi saat datang untuk menanyakan bikin skck ..

    30. santi
      Juni 29, 2012 pukul 11:57 am

      kalau semisalnya saya minta surat keterangan tempat tinggal dari RT, tapi KTP beda bisa gak se buat SKCK ?

    31. Usayd
      Juli 5, 2012 pukul 3:13 pm

      Kalo mau daftar kuliah skcknya sama?

    32. dita
      Juli 8, 2012 pukul 8:54 pm

      kalo misalnya skck nya ke kirim yang asli,klo mau perpanjangan gimana?

    33. dita
      Juli 8, 2012 pukul 9:09 pm

      klo uda pernah buat skck th lalu trus mau bwt lg th ini bisa?soalnya yg asli ga ada dan ga pnya legalisirnya,gmn?

    34. Juli 13, 2012 pukul 8:24 am

      trima ksh atas petunjuk pembuatan skcknya..
      semoga beritanya up to date terus.

    35. ryan
      Juli 16, 2012 pukul 12:05 am

      thanks infonya .. :)

    36. Juli 27, 2012 pukul 2:09 am

      terimma kasih banyak..
      sangat bermanfaat buat saya..

    37. Juli 27, 2012 pukul 9:31 pm

      sangaaaat terlalu panjang dan seperti resep makanan aja
      bs lebih perpanjang lg

    38. ariani
      Agustus 1, 2012 pukul 12:13 pm

      thank you bgt ya, betul2 lengkap dan sangat membantu saya.

    39. Fe
      Agustus 2, 2012 pukul 12:07 pm

      mohon bantuan, dulu saya pernah buat skck di daerah medan kemudian saya pindah ke jakarta dan ktp pun ktp jakarta, apakah skck yg sebelumnya (medan) bisa diperpanjang di jakarta

    40. Agustus 4, 2012 pukul 7:40 am

      berarti kalau orang jambi, ga bisa ne bkn skck dijateng????
      tapi kalau bkin surat domisili dlu boleh ga?????

    41. Agustus 8, 2012 pukul 7:39 am

      ukurang Photo 4×6. dengan begraund atau latar belakang-y berwarna merah atau tergantung pada tahun kelahiran kita,misal tahun genap begraund biru,/tahun ganjil begraund merah…..???

    42. Agustus 9, 2012 pukul 7:59 pm

      bos, beberapa polres ga menyediakan SKCK online,
      saya di cikarang, asli grobogan, gimana nih?

    43. September 3, 2012 pukul 5:04 pm

      Mas, caranya dapat calo untuk legalisir SKCK ke kumham+deplu gimana? masih ada kontak? saya butuh legalisir cepat. Makasih sebelumnya. Nice posting

    44. enay
      Oktober 30, 2012 pukul 2:55 pm

      saya amu tanya nih,baru-baru ini aja syarat pembuatan SKCK pake fotocopy KK?

    45. Bb
      Oktober 31, 2012 pukul 8:34 pm

      Rumit. . . ,

    46. November 13, 2012 pukul 11:23 am

      mo nanya dlu sy prnh buat skck tp dah 3 th lbih…smntara sy d hongkong. nah sy ingin buat skck lagi tp lwat hongkong bsa kah??? mohon info nya ..mkasih

    47. Iyaz
      Desember 16, 2012 pukul 2:05 pm

      Kebanyakan yg bikin SKCK tu mendadak ya…
      Mau nanya, kira2 kalo fotonya itu hitam putih yg diedit background mjd merah, boleh gak ya?

    48. Desember 19, 2012 pukul 6:27 am

      mau tanya kalau yang sudah pernah terlibat kasus, masih bisakah kita mendapatkan SKCK??

    49. April 8, 2013 pukul 9:54 am

      hari ni ku bikin skck dipungut harus 20ribu hdeee…dah uang tinggal 18ribu..malah polisi buang uang saya jujur klo boleh mah skck bikin di kecamatan ajah,,biyar bener” gratis,,,,g mpe maksa” bgt…..

    50. angela
      April 11, 2013 pukul 3:11 pm

      Ibuku sedang apply green card di US sedangkan diminta untuk melampirkan SKCK. gimana caranya ya? salah satu persyaratannya kan harus ada sidik jari. mohon infonya.

      • April 11, 2013 pukul 8:58 pm

        hi Angela, ada 2 cara utk membuat SKCK jika saat ini sedang berada di luar negeri dan nggak perlu utk pulang ke Indonesia. Cara yg pertama adalah, check dengan KBRI yg terdekat dimana ibumu tinggal. setau aku di KBRI New York, mereka punya Atase Militer yg bisa menerbitkan SKCK. Cara yg kedua adalah coba cari finger print company, yaitu perusahaan yg memiliki kewenangan utk mengambil sidik jari dan nantinya bisa dipergunakan utk mengurus SKCK di negara asal, dlm kasus ini Ibunya Angela bisa memberikan surat kuasa utk yg di Indonesia, utk mengurus SKCK tsb. Kalau utk keperluan di luar negeri, harus sampai mabes polri ya mengurusnya. Good luck.

    51. April 26, 2013 pukul 7:45 am

      Jadi yang perna terkasus masih bisa juga ngurus skck.

    52. Juni 11, 2013 pukul 11:32 pm

      kalo yg belum punya ktp bisa ngurus ga? butuh bgt skck buat daftar perguruan tinggi, umur saya baru 17 tahun 2 bulan lalu, ktp saya masih dalam proses :(

    53. Juli 10, 2013 pukul 2:58 pm

      aku dulu pernah ada SKCK tapi ngurusnya di Medan tp udah expired, skrg saya tinggal di Jakarta, bagaimana proses perpanjangan SKCK nya? apa bisa di Jakarta?

    54. Winceu
      September 4, 2013 pukul 12:13 pm

      Klo untuk urusan perpanjangan beasiswa di luar negeri, berarti harus ke mabes POLRI ya?
      Maksudnya pembuatannya di mabes POLRI atau legalisirnya harus sampai mabes? Thanks in advance

    55. neni
      September 12, 2013 pukul 6:11 pm

      dari hari apa sampai hari apa? pelayanan skck kabupaten bandung?

    56. September 16, 2013 pukul 9:46 pm

      SKCK saya masa berlakunya sampai januari 2013. jadi kalau untuk berkas CPNS september sekarang ini, apa saya harus memperpanjang SKCK saya itu???
      Pliss infonya ya…
      makasih ebeumnya…

    57. ian
      September 19, 2013 pukul 5:43 pm

      saya mau nanya kalo skck yg buat kuliah itu sama ga sih sama skck yg buat ngelamar kerja? mohon jawabannya ya min

    58. Desember 4, 2013 pukul 2:29 pm

      klw yang pernah di hukum penjara, bisa gak bikin skck…?.

    59. yanti
      Desember 13, 2013 pukul 9:26 am

      Ribet ya, tp trimakasih infonya membantu sekali

    60. orangbwi
      Desember 31, 2013 pukul 1:34 pm

      kalo merubah tujuan skck yang sudah jadi bisa g’ ? caranya gimana?

    61. SEPTIAN CAHYO
      April 5, 2014 pukul 9:20 pm

      UNTUK PEMBUATAN SKCK BISA DIWAKILKAN APA TIDAK YA???

    62. Dheena13
      September 9, 2014 pukul 7:42 pm

      Buset ribet banget dah…

    63. Oktober 22, 2014 pukul 11:22 am

      you’re in point of fact a excellent webmaster. The web site loading
      pace is incredible. It sort of feels that you’re doing any unique trick.

      In addition, The contents are masterpiece. you’ve done a
      great task on this matter!

    1. Oktober 20, 2011 pukul 1:56 pm

    Berikan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d blogger menyukai ini: